Selasa, 28 Februari 2012

EVALUASI PEMBELAJARAN PAI OLEH PAK JOKO SUSILO DI SD ISLAM NURUL QOMAR


Mengerjakan Soal Ulangan Sambil Melatih Kekompakan Antar Tim 

TUJUAN PENILAIAN :

1. melatih kekompakan tim
2. melatih kejujuran
3. melatih kerjasama tim
4. melatih sportifitas
5. melatih kemandirian

LANGKAH-LANGKAH PENIALAIAN
TAHAP PERENCANAAN
1. guru menyiapkan materi yang akan diujikan (semisal materi al Qur'an Hadits)
2. guru perlu membuat daftar nilai kelompok, yang berisi tentang materi soal yang akan diujikan
3. guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok berisi 4 anak
4. setiap kelompok menunjuk salah satu temannya untuk menjadi ketua tim / regu

CONTOH DAFTAR NILAI YANG DIBUAT OLEH GURU :
KELOMPOK ABU BAKAR AS-SHIDDIQ
NAMA SISWA  : 1. …                                  3. …
              2. …                                  4. …
DAFTAR PENILAIAN
NO
MATERI SOAL
NILAI
 KET.
1.
SURAH AL-LAHAB

 
2.
HADITS TENTANG NIAT DAN SILATURAHIM

 
3.
HUKUM BACAAN IDGHAM DAN IQLAB

 
4.
HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK

 
5.
MENGURUTKAN AYAT

 
6.
SURAH AL-‘ADIYAT

 
7.
SURAH AL-INSYIRAH

 
8.
SURAH NA-NASHR

 
9.
SURAH AL-KAUTSAR

 
10.
BACAAN IZHAR DAN IKHFA’

 
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH

 

CATATAN GURU PAI
PARAF GURU PAI
 




TAHAP PELAKSANAAN
1. sebelum penialain dilakukan, guru memberi bebberapa instruksi atau arahan tentang penilaian yang akan dilakukan diantaranya jaga kekompakan tim dan tidak boleh saling menyalahkan
2. lalu masing-masing ketua tim mengambil daftar nilai yang sudah dipersiapkan oleh guru
2. setiap kelompok dipanggil oleh guru untuk mengambil kartu yang sudah disediakan dan telah digunting menjadi beberapa bagian, kartu ini berisi soal-soal yaang harus dijawab
3. setiap kelompok yang dipanggil, masing-masing anak mengambil satu kartu yang sengaja dibalik oleh guru agar materi tidak bocor dan diketahui oleh kelompok yang lain, kemudian dijawab dan tidak boleh dibantu oleh teman yang lain.
4. setiap anak dalam kelompok, yang bisa menjawab semua kartu pertanyaan mendapat nilai 100, dan bagi yang tidak bisa berati dianggap tidak dapat poin
5. poin yang didapat lalu dijumlahkan dan kelompok yang mendapat poin tertinggi maka dia menjadi juaranya.

CONTOH KARTU MATERI YANG DIBUAT GURU BERDASARKAN MATA PELAJARAN YANG AKAN DIEVALUASIKAN 

MATERI SURAH AL-LAHAB
BACA BUNYI SURAH AL-LAHAB AYAT 1-5 DENGAN BENAR
KANDUNGAN ISI SURAH AL-LAHAB
TERDIRI DARI BERAPA AYAT, MENEMPATI SURAH KE BERAPA, DAN TURUN DIMANA
NAMA ASLI ABU LAHAB DAN ISTRINYA

MATERI HADITS TENTANG NIAT DAN SILATURAHIM
BACA HADITS TENTANG NIAT
BACA HADIST TENTANG SILATURAHIM
ARTIKAN HADITS TENTANG NIAT
ARTIKAN HADITS TENTANG SILATURAHIM

MATERI HUKUM BACAAN IDGHAM DAN IQLAB
MACAM-MACAM HUKUM BACAAN IDGHAM
ARTI BACAAN IQLAB
BERIKAN CONTOH BACAAN IDGHAM (DITULIS ARAB)
BERIKAN CONTOH BACAAN IQLAB (DITULIS ARAB)

MATERI SURAH AL-‘ADIYAT
BACA SURAH AL-‘ADIYAT

TERIDIRI DARI BERAPA AYAT, TURUN DIMANA
ISI KANDUNGAN AYATNYA
 
MATERI SURAH AL-INSYIRAH
BACA SURAH AL-INSYIRAH

TERIDIRI DARI BERAPA AYAT, TURUN DIMANA
ISI KANDUNGAN AYATNYA

 MATERI SURAH AN-NASHR
BACA SURAH AN-NASHR

TERIDIRI DARI BERAPA AYAT, TURUN DIMANA
ISI KANDUNGAN AYATNYA

 MATERI SURAH AL-KAUTSAR
BACA SURAH AL-KAUTSAR

TERIDIRI DARI BERAPA AYAT, TURUN DIMANA
ISI KANDUNGAN AYATNYA

 MATERI SURAH AL-‘ADIYAT
BACA SURAH AL-‘ADIYAT

TERIDIRI DARI BERAPA AYAT, TURUN DIMANA
ISI KANDUNGAN AYATNYA



MATERI BACAAN IZHAR DAN IKHAF’
ARTI IZHAR DAN IKHFA’ SECARA SINGKAT
SEBUTKAN MACAM BACAAN IKHFA’
SEBUTKAN MACAM BACAAN IZHAR
BERIKAN CONTOH BACAAN IZHAR HAQIQI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar