Selasa, 28 Februari 2012

EVALUASI PEMBELAJARAN PAI OLEH PAK JOKO SUSILO DI SD ISLAM NURUL QOMAR


Mengerjakan Soal Ulangan Sambil Melatih Kekompakan Antar Tim 

TUJUAN PENILAIAN :

1. melatih kekompakan tim
2. melatih kejujuran
3. melatih kerjasama tim
4. melatih sportifitas
5. melatih kemandirian

LANGKAH-LANGKAH PENIALAIAN
TAHAP PERENCANAAN
1. guru menyiapkan materi yang akan diujikan (semisal materi al Qur'an Hadits)
2. guru perlu membuat daftar nilai kelompok, yang berisi tentang materi soal yang akan diujikan
3. guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok berisi 4 anak
4. setiap kelompok menunjuk salah satu temannya untuk menjadi ketua tim / regu

CONTOH DAFTAR NILAI YANG DIBUAT OLEH GURU :
KELOMPOK ABU BAKAR AS-SHIDDIQ
NAMA SISWA  : 1. …                                  3. …
              2. …                                  4. …
DAFTAR PENILAIAN
NO
MATERI SOAL
NILAI
 KET.
1.
SURAH AL-LAHAB

 
2.
HADITS TENTANG NIAT DAN SILATURAHIM

 
3.
HUKUM BACAAN IDGHAM DAN IQLAB

 
4.
HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK

 
5.
MENGURUTKAN AYAT

 
6.
SURAH AL-‘ADIYAT

 
7.
SURAH AL-INSYIRAH

 
8.
SURAH NA-NASHR

 
9.
SURAH AL-KAUTSAR

 
10.
BACAAN IZHAR DAN IKHFA’

 
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH

 

CATATAN GURU PAI
PARAF GURU PAI
 




TAHAP PELAKSANAAN
1. sebelum penialain dilakukan, guru memberi bebberapa instruksi atau arahan tentang penilaian yang akan dilakukan diantaranya jaga kekompakan tim dan tidak boleh saling menyalahkan
2. lalu masing-masing ketua tim mengambil daftar nilai yang sudah dipersiapkan oleh guru
2. setiap kelompok dipanggil oleh guru untuk mengambil kartu yang sudah disediakan dan telah digunting menjadi beberapa bagian, kartu ini berisi soal-soal yaang harus dijawab
3. setiap kelompok yang dipanggil, masing-masing anak mengambil satu kartu yang sengaja dibalik oleh guru agar materi tidak bocor dan diketahui oleh kelompok yang lain, kemudian dijawab dan tidak boleh dibantu oleh teman yang lain.
4. setiap anak dalam kelompok, yang bisa menjawab semua kartu pertanyaan mendapat nilai 100, dan bagi yang tidak bisa berati dianggap tidak dapat poin
5. poin yang didapat lalu dijumlahkan dan kelompok yang mendapat poin tertinggi maka dia menjadi juaranya.

CONTOH KARTU MATERI YANG DIBUAT GURU BERDASARKAN MATA PELAJARAN YANG AKAN DIEVALUASIKAN 

MATERI SURAH AL-LAHAB
BACA BUNYI SURAH AL-LAHAB AYAT 1-5 DENGAN BENAR
KANDUNGAN ISI SURAH AL-LAHAB
TERDIRI DARI BERAPA AYAT, MENEMPATI SURAH KE BERAPA, DAN TURUN DIMANA
NAMA ASLI ABU LAHAB DAN ISTRINYA

MATERI HADITS TENTANG NIAT DAN SILATURAHIM
BACA HADITS TENTANG NIAT
BACA HADIST TENTANG SILATURAHIM
ARTIKAN HADITS TENTANG NIAT
ARTIKAN HADITS TENTANG SILATURAHIM

MATERI HUKUM BACAAN IDGHAM DAN IQLAB
MACAM-MACAM HUKUM BACAAN IDGHAM
ARTI BACAAN IQLAB
BERIKAN CONTOH BACAAN IDGHAM (DITULIS ARAB)
BERIKAN CONTOH BACAAN IQLAB (DITULIS ARAB)

MATERI SURAH AL-‘ADIYAT
BACA SURAH AL-‘ADIYAT

TERIDIRI DARI BERAPA AYAT, TURUN DIMANA
ISI KANDUNGAN AYATNYA
 
MATERI SURAH AL-INSYIRAH
BACA SURAH AL-INSYIRAH

TERIDIRI DARI BERAPA AYAT, TURUN DIMANA
ISI KANDUNGAN AYATNYA

 MATERI SURAH AN-NASHR
BACA SURAH AN-NASHR

TERIDIRI DARI BERAPA AYAT, TURUN DIMANA
ISI KANDUNGAN AYATNYA

 MATERI SURAH AL-KAUTSAR
BACA SURAH AL-KAUTSAR

TERIDIRI DARI BERAPA AYAT, TURUN DIMANA
ISI KANDUNGAN AYATNYA

 MATERI SURAH AL-‘ADIYAT
BACA SURAH AL-‘ADIYAT

TERIDIRI DARI BERAPA AYAT, TURUN DIMANA
ISI KANDUNGAN AYATNYA



MATERI BACAAN IZHAR DAN IKHAF’
ARTI IZHAR DAN IKHFA’ SECARA SINGKAT
SEBUTKAN MACAM BACAAN IKHFA’
SEBUTKAN MACAM BACAAN IZHAR
BERIKAN CONTOH BACAAN IZHAR HAQIQI 

Senin, 27 Februari 2012

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SD ISLAM NURUL QOMAR TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

DESKRIPSI VISI DAN MISI DAN FASILITAS YANG DIMILIKI 
OLEH SD ISLAM NURUL QOMAR

DESKRIPSI TENTANG TUJUAN, KURIKULUM, EKSTRAKURIKULER, 
WAKTU DAN SYARAT PENDAFTARAN,  DAN PRESTASI 
YANG DIPEROLEH OLEH SD ISLAM NURUL QOMAR






Senin, 06 Februari 2012

MODEL PEMBELAJARAN QIROATI DAN PEMEBIASAAN SHOLAT DHUHA SD ISLAM NURUL QOMAR

Sebelum pembelajaran diawali dengan peraga Qiroati yang dipimpin oleh guru pembimbing
Siswa terlihat antusias mengikuti pembelajaran Qiroati
Pembiasaan tadarus bersama

Pembiasaan sholat Dhuha
Gerakan rukuk melatih otot agar tidak tegang
PAIKEM GEMBROT, yang artinya Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Gembira dan Berbobot )

Pada saat ini pembelajaran PAIKEM yang di gembar - gemborkan para pemimpin dunia pendidikan Indonesia yang sebenarnya bukan ide dari negara kita, melainkan Program
Managing Basic Education atau (MBE), yang didukung dan didanai oleh USAID, bertujuan meningkatkan mutu dan efisiensi pengelolaan pendidikan dasar dalam rangka desentralisasi pemerintahan.

Program ini dilaksanakan di tingkat 
kabupaten/kota, dengan mengembangkan praktik-praktik yang baik yang sudah ada. Program ini juga mendorong pengembangan dan diseminasi praktik yang baik serta gagasan-gagasan lain di tingkat kabupaten/kota. Praktik-praktik ini meliputi:•Pengelolaan Sumber Daya, khususnya Fasilitas dan Pegawai.•Pendanaan Sekolah secara langsung untuk menunjang Manajemen Berbasis Sekolah.•Manajeman Berbasis Sekolah (MBS) dan Peran Serta Masyarakat (PSM).
 



 Namun para pemerhati pendidikan banyak melakukan perkembangan yaitu dengan mencetuskan PAIKEM GEMBROT, yang artinya Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Gembira dan Berbobot )
Ini menjawab persoalan dari para rekan guru yang banyak menanggapi dari PAKEM, para guru banyak bertanya bagaimana bisa kalau kita dikejar oleh alokasi waktu dan siswa yang malas dalam belajar. Disini dituntut bukan hanya kreasi dari guru tetapi Inovasi guru dalam mengatur siswa dan alokasi waktu tersebut dengan kondisi siswa dan sekolah serta lingkungan masyarakat.


SD Islam Nurul Qomar dalam pembelajarannya selalu mengembangkan berbagai model dan metode, supaya peserta didik tidak bosen dalam mengikuti pelajaran. Pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan bertujuan membentuk karakteristik anak supaya setelah lulus nanti dapat menjadi pribadi Muslim yang baik, serta mampu menjawab tanntangan zaman.
Sujud merupakan bentuk penghambaan diri kepada Sang Khaliq

Pembelajaran PAI di SD Islam Nurul Qomar disampaikan dalam suasanan yang penuh dengan kehangatan dan kebersamaan, supaya siswa dapat mersakan bahwa hidup harus selalu saling menghargai dan menyayangi satu sama lain.
Kebersamaan itu tercermin dalam gerakan sholat seperti dalam gambar disamping.

Semoga kelak amal kita diterima oleh Allah sebagai amalan yang sholeh dan sholehah. amiiin semoga bermanfaat!!!